Sabtu, 19 Mei 2012

CARA MEMBUAT BISNIS PLAN

Suatu BISNIS PLAN sebaiknya memuat : 

1. RINGKASAN EKSEKUTIF 
- Ditulis setelah dokumen selesai dibuat 
- Erisi ringkasan yang menjadi titik perhatian perencanaan bisnis 
- Mengungkapkan : mengapa harus direncanai untuk bergelut dibidang ini, cara mengimplementasikan keinginan-keinginan yang hendak dicapai, 

2. PELUANG DAN TAWARAN 
- Mengambarkan peluang yang ada dalam bisnis yang diusulkan 
- Sebutkan permasalahan yang ada pada saat ini dan gambarkan produk atau jasa yang berpeluang untuk menjawab permasalahan tersebut. 
- Menggambarkan daerah kegiatan potensial (local, nasional, internasional) yang terjadi target dan alasan. 
- Menjelaskan apa yang diharapkan dari investor, mitra kerja 
- Apa yang ditawarkan pada investor atau mitra kerja. Tawarannya tersebut misalnya investor ini dapat lisensi disebuah perusahaan untuk pemasaran atau keuntungan yang dapat diperoleh. 

3. PRODUK/JASA 
- Deskripsi produk 
a. Memberikan penjelasan singkat mengenai produk atau jasa yang ditawarkan 
b. Penjelasan sesederhana mungkin tapi cukup jelas bagi orang awam, investor atau mitra kerja. 
- Pengunggulan produk 
a. Yaitu menjelaskan keunggulan produk yang ditawarkan dibandingkan dengan yang telah dipasarkan 
- Penghargaan dan pengakuan Bukti nyata dari keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan , contoh : paten, hasil uji coba untuk pihak indevenden atau perusahaan lain. 

4. LATAR BELAKANG ORGANISASI 
- Memperlihatkan organisasi yang akan menjalankan kegiatan atau bisnis ini 
- Memperkenalkan kapabilitas organisasi di bidang yang ditawarkan 
- Konsep bisnis 
a. Gambarkan secara ringkas konsep kegiatan yang akan di jalankan, apa tujuan dan sarannya serta bagaiaman mencapainya. 

5. ANALISIS KECENDERUNGAN 
- Apa yang berubah dalam lingkungan sekitar ???? 
- Bagaimana perubahan ini berdampak pada rencana kegiatan/bisnis ??? 
- Bisa dilihat dari aspek : 
a. Politik/legalitas : resiko politis, regulasi/deregulasi. 
b. Teknologi : teknologi baru di bidang-bidang terkait. 
c. Sosial : nilai budaya, populasi dunia, usia pendidikan dan lain-lain. 
d. Ekonomi : pertumbuhan ekonomi, perdagangan nasional/internasional, globalisasi, dll. 
e. Lingkungan : sumber daya alam, migrasi flora & fauna, pemanasan global, dll. 

6. ANALISIS PASAR 
- Perlu di analisis perubahan yang terjadi di pasar, harga dan biaya atau kompetisi yang tejadi 
- Analisis harus selengkap mungkin sehingga secara jelas memberikan gambaran pada pengusul maupun investor tentang potensi dan peluang pasar untuk produk yang ditawarkan 

7. ANALISIS KEBUTUHAN PASAR 
- Menggambarkan secara jelas kebutuhan pasar akan produk/jasa yang akan dtawarkan 
- Menggambarkan marketing mix (posisi pasar) jasa yang ditawarkan 

8. PELUANG DAN POTENSI PASAR 
- Potensi Pasar seberapa banyak produk atau nilai barang yang dbutuhkan dipasar 
a. jumlah produk 
b. pendapatan 
c. daerah /Negara dibuat 
- Peluang Pasar sesuatu yang lebih baik diandingkan dengan produk yang telah ada 
a. harga lebih murah 
b. kualitas lebih baik 
c. produk baru 
d. delivery (penyaluran) lebih cepat 

9. COMPETITORS ANALISIS 
- Berapa pesaing yang ada 
- Apa kelebihan dan kelemahan masing-masing 
- Apa yang menjadi bahan persaingan 
- Apa yang menjadi andalan pesaing 

10. SWOT ANALISIS 
Mengelompokkan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap bisnis yang menjadi : 
a. Faktor internal : strength & weaknesses 
b. Faktor eksternal : opportunities & threats 

- Strength 
a. Mengidentifikasi kemampuan yang kita miliki untuk dapat mencapai tujuan 
b. Mengidentifikasi kompetensi special kita (yang tidak dimiliki oleh para pesaing kita) 
c. Mempertahankan keunggulan bersaing (terjadi jika pesaing tidak dapat meniru kompetensi special kita) 

- Weaknesses 
a. Mengidentifikasi kemampuan yang belum/tidak kita miliki untuk mencapai tujuan 
b. Mengidentifikasi kompetensi special para pesaing 
c. Cara menetralisir kekurangan : mengoreksi, meminimalisasi atau menghindari 

- Opportunities 
a. Mengungkapkan faktor peluang yang timbul di lingkungan eksternal 
b. Jika peluang terlewatkan, maka besar kemungkinannya para pesaing akan memanfaatkannya. 

- Threats 
a. Kondisi yang ada di luar yang dapat mempengaruhi usaha 
b. Tantangan yang dapat dinetralisir dengan manajemen yang baik atau dihindari 
c. Jika tantangan sangat kuat, mungkin perlu reorientasi kegiatan atau usaha 

11. FORMULASI STRATEGI 
- Dari analisis situasi diatas, diformulasikan suatu strategi yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran, produksi, dan pembiayaannya yang dijabarkan dalam rencana pemasaran, rencana produksi, dan pembiayaan 
- Perencanaan strategis dimulai dengan penentuan tujuan 
- Tujuan / sasaran menyatakan apa yang akan diraih dan kapan hasil dapat diperoleh 
- Strategi menyatakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi 

12. ANALISIS RESIKO - RESIKO
- Gambarkan resiko yang mungkin terjadi 
- Penanggulangan resiko ; sebutkan bagaimana resiko tersebut akan ditangani 

13. RENCANA TINDAK / ACTION PLAN 
- Menggambarkan secara sistematis kegiatan/usaha yang harus dilakukan (termasuk jadwal kerja dan lain-lain) 
- Harus memperhitungkan kebutuhan-kebutuhan yang perlu dipenuhi, misalnya : 
a. Technology, personel 
b. Apa isu-isu penting harus diselesaikan 

14. DOKUMEN PENDUKUNG 
- Sebutkan dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan : referensi dan lampiran-lampiran 

YANG HARUS DIHINDARI DALAM MENYUSUN BISNIS PLAN* 
- Tujuan dan saran tidak realistis 
- Kegagalan untuk mengantisipasi masalah yang mungkin timbul 
- Tidak adanya komitmen dari para pelaku/pembuat keputusan 
- Tidak adanya “market mix” 

My Friends, Iwan Dan Syukur 

Add saya nah..?? di sini
Ada kesalahan di dalam gadget ini